Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Informasi: Pengertian, Manfaat, Sejarah, dan Sejenisnya


Perkembangan teknologi informasi tidak terelakkan. Semakin besar dan cepat teknologi berkembang menyelimuti dunia. Namun semua itu memiliki manfaat untuk kehidupan yang lebih indah ke depannya.

Salah satu yang mendapat perkembangan dari teknologi adalah teknologi informasi. Ini merupakan bidang paling banyak memberikan sumbangan kemajuan. Karena tanpanya, mungkin dunia tidak akan semaju sekarang.

Secara umum, pengertian dari teknologi informasi adalah perancangan, implementasi, perkembangan, manajemen berbasis komputer. Terutama pada aplikasi hardware atau perangkat keras dan software atau perangkat lunak.

Jika dipisah, teknologi memiliki arti sebagai metode berdasarkan ilmiah. Metode ini lalu digunakan untuk mencapai suatu tujuan praktis, dan termasuk ke dalam ilmu pengetahuan terapan.

Ada juga pengertian teknologi berupa cara, alat, mesin, proses dari suatu kegiatan atau gagasan bertujuan mempermudah aktivitas manusia. Contohnya bidang komunikasi, transportasi, bisnis, belajar, sampai manufaktur dan keamanan.

Sedangkan informasi, adalah kata benda yang memiliki arti sebagai aktivitas berkomunikasi. Umumnya, akan diproses terlebih dahulu sebelum penerima dapat mencerna serta memahami info yang diberikan.

Terdapat pengertian lain berupa sekumpulan data atau fakta dikelola agar menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk penerimanya. Menyediakan peristiwa serta kondisi dalam masyarakat dan hubungan kekuasan.

Fungsi Perkembangan Teknologi Informasi

Tidak hanya penting sebagai alat komunikasi, namun juga perangkat penting tiap bisnis sebagai sarana koordinasi. Pengelolaan info sangat penting saat sekarang ini karena kompleksitas kian meningkat.

1. Menangkap atau Capture

Maksud dari menangkap adalah menginput. Contohnya seperti input dari mic, keyboard, scanner, yang merupakan fitur tidak asing lagi di kehidupan manusia sekarang untuk menyimpan data tertentu.

2. Pengolah atau Processing

Perkembangan teknologi informasi mengizinkan fungsi berupa kompilkasi catatan aktivitas secara rinci. Beberapa di antaranya seperti input dari mic, keyboard serta scanner sama halnya dengan fungsi menangkap agar mudah mengolah file.

3. Memproses Data Menjadi Informasi

Pengolahan atau proses data bisa sebuah konversi atau ubah data menjadi bentuk lain. Ada juga analisis, kalkulasi, dan juga penggabungan segala jenis data. Tentu fungsi ini ditujukan untuk kemudahan pengguna.

4. Menghasilkan atau Generating

Menghasilkan atau generating berarti memiliki peran dalam hal mengorganisasikan informasi. Informasi yang telah diorganisasi lantas dibuat ke dalam bentuk yang lebih mudah dipahami seperti grafik atau table.

5. Pencari Kembali atau Retrieval

Pencari kembali atau retrieval memiliki arti untuk menelusuri, hingga memperoleh kembali informasi. Dapat juga menyalin data yang telah tersimpan. Jika sulit menemukan data karena terlalu penuh, retrieval sangat membantu Anda.

6. Transmisi atau Transmission

Fungsi selanjutnya adalah mengirim dari lokasi jaringan komputer lain. Contohnya penjualan pengguna A dikirim pada pengguna lainnya. Ini mempermudah pengiriman data tanpa harus disalin satu per satu.

Manfaat Perkembangan Teknologi Informasi

1. Pendidikan

Perkembangan teknologi informasi nyatanya memberi manfaat pada dunia pendidikan. Terutama dengan adanya kehadiran komputer, siswai/i dapat lebih efektif dalam hal belajar. Komputer sendiri merupakan sarana menumbuhkan kreativitas siswa/i.

2. Industri dan Manufaktur

Selanjutnya ada manfaat yang didapat oleh bidang industri dan manufaktur. Perancangan suatu desain produk akan lebih mudah serta menghemat waktu. Mesin produksi juga bisa dikontrol dengan tepat.

3. Bisnis dan Perbankan

Bisnis dan perbankan turut mendapatkan manfaat dari perkembangan teknologi yang pesat. Beberapa manfaat di antaranya dalam hal transaksi, menyimpan berkas, juga sistem keamanan bank lebih terjaga.

4. Militer

Tidak diragukan lagi, perkembangan teknologi informasi berdampak besar pada kemajuan di bidang militer. Contohnya seperti pada navigasi kapal selam, pesawat tempur dengan berbagai macam fitur keamanan serta penyerangan pada lawan.

5. Kedokteran

Kemajuan di bidang teknologi dapat dirasakan manfaatnya seperti cara mendiagnosa penyakit dengan cepat dan tepat. Bisa mengambil gambar organ dalam tubuh, sampai menyembuhkan penyakit yang sulit disembuhkan dahulu.

6. Hiburan dan Permainan

Setiap tahunnya ada saja hiburan dan permainan baru yang diperkenalkan pada masyarakat luas. Seperti contohnya animasi, game dengan audiovisual hampir nyata, sampai industri periklanan turut mendapatkan manfaatnya.

7. Kriminal

Terakhir bukan untuk kriminal, tapi untuk para aparat mempermudah dalam menangkap kriminal. Kejahatan yang mereka lakukan bisa dengan cepat terungkap, hingga pelanggaran rambu-rambu lalu lintas melalui CCTV.

Sejarah Teknologi Informasi

Teknologi informasi menggambarkan perkembangan peradaban manusia. Perkembangan ini diiringi dengan penyampaian infomasi. Berdasarkan teori, manusia purba memberikan informasi melalui gambar di dinding goa, berbeda dengan sekarang yaitu internet.

Bisa mengakses internet seakan memberikan manusia informasi tanpa adanya batasan. Tetapi dahulu, bahasa merupakan alat tukar informasi manusia. Kelemahan dari bahasa ialah mudah dilupakan sampai batas jarak suara.

Kemudian, beranjak dari awal sejarah, manusia purba menemukan media komunikasi yaitu menggambar di dinding. Hingga perkembangan teknologi informasi menemukan alfabet serta angka arabik membuat pertukaran info lebih efektif dan efisien.

Sebelum alfabet dan angka arabik ditemukan, pada tahun 2900 SM oleh bangsa mesir kuno terdapat huruf hieroglif. Tahun 1570-1045 SM penulisan semakin berkembang termasuk di masa dinasti Shang, Cina.

Lalu, ditemukanlah percetakan. Ketika beragam info dapat dicetak, penyebaran semakin cepat dan mudah dilakukan. Perkembangan teknologi informasi semakin pesat hingga terciptanya radio, televisi sampai komputer, membuat info semakin tersebar luar.

Sampai akhirnya menjadi suatu disiplin ilmu penting dalam kehidupan manusia. Digunakan untuk mengolah, memproses, mendapatkan, menyusun, sampai menyimpan dan memanipulasi data agar tercapai informasi berkualitas.

Teknologi sekarang tidak akan berkembang pesat jika kalau bukan jasa para pendahulu sejak dari manusia purba. Bahkan tahun 500 SM, bangsa mesir kuno telah menciptakan kertas dari kulit pohon papyrus.

Jenis Teknologi Informasi di Indonesia

Setelah mengetahui pengertian, fungsi beserta sejarahnya, ada beberapa jenis dari teknologi informasi. Jenis-jenis ini merupakan penyumbang kemudahan info-info penting menyebar luas sampai di pedalaman desa.

Jenis perkembangan teknologi informasi tersebut tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Bahkan telah menjadi salah satu benda penting dikegiatan sehari-hari. Tidak hanya dalam pekerjaan atau pembelajaran.

1. Internet

Siapa yang tidak kenal internet? Sekarang, tanpa internet orang-orang merasa tidak berdaya. Namun ada benarnya, karena kebanyakan bidang menggunakan internet. Mulai dari perbankan, sampai pasar saham.

Di Indonesia, internet protokol atau IP pertama berada di Universitas Indonesia UI-NETLAB tahun 1998. Di tahun 1994, diciptakan internet service provide pertama bernama IndoNet yang menghubungkan internet dengan menggunakan dial-up.

Pada taun 1995, setahun setelah IndoNet ditemukan, Department Pos Telekomunikasi memberikan izin usaha kepada IndoNet dan RadNet. Internet service provider tersebut merupakan perkembangan teknologi mutakhir pada masanya.

2. Radio

Radio telah ada sejak kolonial Belanda. Tahun 1945, Indonesia berhasil mendirikan stasiun nasional bernama Radio Republik Indonesia atau RRI. Ini merupakan sarana penghubung antar tokoh nasionalis memerdekakan Indonesia.

3. Satelit

Satelit Palapa diluncurkan pada 8 Juli 1976 di masa Orde Baru. Satelit Palapa yang merupakan perkembangan teknologi informasi, mampu membangun sistem secara nasional yang lebih efektif dan efisien.


Posting Komentar untuk " Teknologi Informasi: Pengertian, Manfaat, Sejarah, dan Sejenisnya"