Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Gadget Menurut KBBI, Buku, dan Para Ahli



Pengertian gadget secara umum merupakan sebuah alat elektronik yang berukuran kecil. Benda yang memiliki sebutan lain yaitu gawai, adalah salah satu bentuk dari perkembangan teknologi pesat di zaman sekarang.

Tujuan perkembangan teknologi sendiri tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Gawai hadir untuk membantu, mempermudah aktivitas seperti bekerja, sarana pendidikan serta menghibur saat bosan sampai menjadi sumber inspirasi.

Gadget merupakan bahasa spesifik dan teknologi merupakan bahasa umumnya. Namun ternyata, ada beberapa teori mengenai asal usul istilah dari gadget ini. Di antaranya berasal dari abad 19.

Konon, hal ini tertuang di dalam Kamus Inggris Oxford. Penggunaan kata lain alat elektronik tersebut ditujukan pada seseorang yang memiliki daya ingat rendah. Intinya, kata ini digunakan dalam konteks merendahkan.

Ada lagi teori mengatakan asal usulnya bersumber dari sengketa. Usut punya usut, terdapat tiga orang asal Prancis sedang melakukan pembangunan patung Liberty tahun 1886 dan mereka bersengketa tentang patung tersebut.

Selanjutnya, teori yang mengatakan bahwa kata tersebut berasal dari Prancis. Memang, teori yang satu ini lebih masuk akal, karena adanya bahasa Prancis gachette. Gachette sendiri bermakna melahirkan gagasan baru.

Dari sekian banyak desas desus asal muasal kata gadget, teori terakhir lebih masuk akal. Namun yang manapun itu, arti gawai sendiri tetaplah sama. Tujuannya juga sama yaitu mempermudah aktivitas manusia.

Pengertian Gadget Menurut KBBI

Sudah tidak terhitung lagi ada berapa banyak teknologi berkembang pesat membantu jutaan umat manusia di bumi. Mulai dari bidang kedokteran, pertanian, informasi sampai militer mendapatkan terapan teknologi mutakhir.

Dari sekian banyak teknologi tersebut, ada sebuah benda yang dimiliki banyak orang bermana gadget. Gawai atau sebutan di Indonesia bisa dijumpai pada orang dewasa, remaja, sampai anak-anak.

Secara luas, pengertian gadget berupa teknologi seperti perangkat atau alat dengan fungsi tertentu. Alat ini juga biasanya dianggap sebagai sesuatu yang baru, tidak biasa, hingga sesuatu melebihi objek teknologi normal.

Lantas apa sebenarnya yang membedakan gawai dengan teknologi terbarukan lainnya? Jawabannya paling sederhana adalah ukuran. Unsur dari kebaruan gawai ialah ukuran mereka yang selalu lebih kecil, lebih simpel setiap diluncurkan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI edisi V, gadget sendiri memiliki sebuah pengertian peranti elektronik dengan berbagai fungsi praktis. Tidak hanya itu, gawai merupakan kata padanan dalam Bahasa Indonesia.

Kata ini termasuk dalam kelas kata nomina. Lalu apa sebenarnya kata nomina? Kata yang ditandai dengan tidak dapat digabungkan bersama kata ‘tidak’. Misalnya rumah, tidak bisa digabungkan menjadi tidak rumah.

Peraturan di atas sama halnya dengan kata gadget. Tidak bisa digabungkan menjadi ‘tidak gadget’. Biasanya kata seperti ini memiliki fungsi sebagai objek atau subjek dari klausa.

Gadget Menurut Buku

Setelah berdasarkan KBBI, pengertian gadget selanjutnya adalah menurut buku. Gawai memiliki beberapa pengertian yang meski berbeda namun tetap satu makna. Yang membedakan satu dengan lainnya adalah arti secara spesifikasi.

Gawai yang biasa Anda sebutkan sebagai kata ganti gadget tidak terlalu sering digunakan karena masih terdengar asing di telinga. Sangat berbeda dengan gadget, karena kebanyakan pihak komersial menggunakannya.

Untuk itu, gawai masih jarang diucapkan karena kata serapannya lebih sering terdengar dari produk-produk pada umumnya. Atau mungkin, pengucapan kata serapan lebih terkesan keren ketimbang padanannya.

Yang manapun alasannya, pengertian gadget atau gawai menurut buku tetaplah sama. Di antaranya Osland gadget adalah kata dari bahasa Inggris yang berarti alat elektronik berukuran kecil memiliki bermacam fungsi.

Masih berdasarkan Osland, gawai sendiri bisa berupa laptop, komputer, table PC, atau telepon seluler serta smartphone. Lalu, menurut Sanjaya dan Wibowo, gawai merupakan inovasi dari teknologi mutakhir yang lebih baik.

Selanjutnya ada Widiawati yang menyatakan gadget barang canggih dengan berbagai jenis fungsi. Perangkat kecil memiliki fungsi lebih spesifik dan tentu saja membantu mempermudah aktivitas manusia serta mendapat hiburan.

Penggunaan gawai terus meningkat setiap tahunnya. Karena hampir setiap orang, tidak bisa lepas dari alat elektronik tersebut. Padahal, di tahun 2001, pengguna internet Indonesia masih setengah juta penduduk.

Gadget Menurut Ahli

Gadget pasti tidak asing lagi di telinga. Bahkan sekarang, pengertiannya semakin meningkat. Misal, terdapat sebuah produk terbarukan dengan fungsi semakin canggih, maka alat tersebut dikategorikan sebagao gadget.

Gawai sebagai padanan dari bahasa Indonesia, memiliki banyak jenisnya. Alat elektronik ini selalu muncul menghadirkan teknologi terbaru serta semakin baik untuk menjadikan kehidupan manusia sederhana.

Jika pengertian gadget menurut KBBI dan buku telah dipaparkan, maka selanjutnya pengertian menurut para ahli. Ada beberapa ahli mengemukakan pendapat mereka terkait benda bernama gawai.

1. Garini

Berdasarkan pendapat seorang ahli bernama Garini, gadget merupakan perangkat alat elektronik berukuran kecil. Fungsi yang dimiliki juga bermacam-macam. Contohnya seperti smartphone dengan segudang fitur canggihnya.

2. Derry

Selanjutnya, ada seorang ahli bernama Derry yang berpendapat pengertian gadget adalah perangkat atau instrumen elektronik. Instrumen itu tentu memiliki tujuan beserta fungsi praktis terhadap pekerjaan manusia.

3. Manumpil

Sedangkan menurut pendapat seorang ahli bernama Manumpil dkk, gawai adalah alat teknologi yang telah berkembang pesat. Fungsi alat tersebut juga banyak, termasuk pada smartphone, Iphone serta Blackberry.

Semua kemajuan ini merupakan pertanda dari perkembangan teknologi dan informasi. Mencari informasi dan berkomunikasi lebih mudah dilakukan. Indonesia merupakan salah satu bangsa yang ikut dalam kemajuan tersebut.

Jenis Gadget

Penggunaan gawai tidak sebatas pada orang-orang yang bekerja. anak-anak, remaja bahkan orang tua ikut merasakan kemudahan mendapat informasi serta berkomunikasi jarak jauh. Hampir semua orang menggunakan gawai.

Setelah mengetahui pengertian Gadget berdasarkan KBBI, buku dan para ahli, ada baiknya juga mengetahu jenis-jenis gawai tersebut. Kenapa bukan hanya orang pekerja yang menggunakannya, apa jenis-jenis menariknya?

1. Handphone

Yang paling pertama adalah handphone terutama smartphone. Ini penyebab sampai anak-anak ikut menggunakan gawai. Perkembangan teknologi yang pesat membuat handphone memiliki fitur-fitur canggih yang tidak hanya membantu tapi juga menghibur.

2. Laptop/Komputer

Laptop atau komputer termasuk ke dalam jenis gawai. Hampir mirip dengan handphone, laptop atau komputer memiliki tahap perkembangan semakin canggih tiap tahunnya. Kebanyakan pemilik laptop adalah remaja atau pekerja.

3. Tablet/iPad

Tablet atau iPad memiliki fungsi hampir sama seperti handphone. Hanya saja, tablet atau iPad berukuran lebih besar. Menghasilkan gambar lebih jelas di layar, lebih nyaman menonton, bermain game, atau menggambar.

4. Kamera Digital

Kamera digital termasuk ke dalam jenis gawai. Gunanya tentu untuk menangkap gambar baik dalam foto maupun video. Kamera digital biasanya memiliki fitur lebih baik dibanding kamera handphone.

5. Headset/Headphone

Termasuk juga dalam jenis alat elektronik canggih, digunakan sebagai alat mendengar musik lebih jelas serta tidak mengganggu orang lain. Pengertian gadget memang ada beberapa, namun makna serta jenisnya tetap sama.

 

Posting Komentar untuk " Pengertian Gadget Menurut KBBI, Buku, dan Para Ahli"