Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Akun Whatsapp yang Dihack

 


Mengembalikan akun whatsapp yang dihack bisa dilakukan. Anda tidak perlu panik dan khawatir karena terdapat beberapa tindakan agar WA pribadi dapat dipulihkan seperti sedia kala tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Whatsapp merupakan sebuah aplikasi yang memiliki tujuan untuk bertukar komunikasi. Bukan hanya ditujukan mengirim pesan, akan tetapi WA mampu mengirim berbagai jenis dokumen serta panggilan suara dalam satu tempat.

WA tidak membutuhkan penggunaan pulsa, tetapi data internet dengan jaringan 3G atau 4G. Semua kemudan tersebut menyebabkan banyak orang tertarik memakainya tanpa dikenakan biaya tambahan kecuali dibeberapa fitur tertentu.

Pengguna WA yang banyak, beribu pesan masuk, panggilan serta dokumen-dokumen penting terkirim setiap harinya, membuat aplikasi ini merupakan sumber dari sebuah data pribadi. Aksi peretasan tidak terelakkan lagi terjadi.

Sebenarnya, pihak pengelola pelayanan pesan telah menyiapkan sistem keamanan cukup canggih untuk melindungi user mereka. Sistem itu bernama end-to-end terenkripsi ditambah verifikasi dua langkah sebagai pengamanan berlapis yang diberikan pengelola.

Namun tetap saja, yang namanya tindak kejahatan pasti selalu menemukan celah. Bukan berarti sistem keamanan tersebut tidak berlaku dan tidak berdaya, tapi dalam beberapa waktu pasti kejahatan mendapatkan kelemahan sistemnya.

Biasanya para peretas yang mungkin saja mampu menyusup ke akun, akan mengesktrak data-data pribadi milik Anda. Mengingat, sebagai aplikasi sering digunakan, maka hal penting serta pribadi pasti banyak di sana.

Cara Mengembalikan Akun Whatsapp Dihack Dengan Melapor

Walau terdapat keamanan tambahan, jika akun terlanjur dibajak, masih terdapat beberapa langkah untuk mengembalikannya seperti sedia kala. Di antaranya adalah membuat laporan secara resmi pada pihak pengelola atau memasang ulang.

Yang pertama, berdasarkan situs resmi pengelola aplikasi messenger WA, jika akun diretas, bisa melapor pada pusat bantuan mereka. Pelaporan pembajakan tersebut dapat dilakukan melalui e-mail resmi pihak whatsapp.

Tinggal menuliskan pesan di e-mail untuk mengembalikan akun whatsapp berisikan subject bahwa akun telah diretas kepada emailsupport@whatsapp.com. Contoh isi subject tersebut bisa berupa ‘My whatsapp account got hacked today’.

Di dalam pesan tersebut, lengkapi dengan kronologi kejadian. Lebih baik lagi jika disertai oleh bukti tambahan seperti halnya screenshot. Screenshot akun Anda dan masalah apa yang sedang terjadi.

Setelahnya, sertakan juga nomor telepon yang Anda gunakan sebagai nomor whatsapp di bawahnya sebagai pelengkap akhir. Awali angka tersebut dengan kode internasional milik Indonesia yaitu (62+)

Berikunya yang perlu dilakukan adalah menunggu. Pihak pengelola membutuhkan waktu untuk merespon e-mail pengguna. Tapi tenang, biasanya e-mail tersebut tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan respon.

Jika sudah tersampaikan pada mereka, akun yang dihack akan segera dinon-aktifkan sementara. Pengguna harus menunggu sampai adanya pemberitahuan bahwa akun bisa digunakan kembali seperti sedia kala.

Mengembalikan Akun Whatsapp Dihack Dengan Install Ulang

Selain melapor pada pihak resmi, cara mengembalikan akun whatsapp lainnya adalah dengan cara pemasangan ulang. Seperti yang kita tahu, melepas dan memasang kembali sebuah aplikasi dapat membantu berbagai macam masalah.

Akun WA yang diretas bisa dikembalikan dengan cara install ulang. Memasang ulang setelah menghapusnya adalah langkah paling mudah dan paling praktis serta tidak mengeluarkan biaya selain pemakaian data internet.

Langkah pertama yang dapat dilakukan dalam penginstallan ulang adalah menghapus atau melepas app tersebut dari sistem ponsel Anda. Lakukan seperti pelepasan app pada umumnya. Kemudian, download lagi app layanan messengernya.

Pastikan mendownload di tempat resmi seperti playstore agar menghindari kebocoran data atau peretasan kembali. Gunakan nomor handphone terdaftar seperti biasa saat memasuki app untuk mengembalikan akun whatsapp.

Lalu, kode OTP akan langsung dikirim secara otomotis ke nomor HP milik Anda yang tercantum, melalui SMS. Selanjutnya, masukkan kode OTP tersebut seperti biasa, dan jangan beritahu siapapun kode tersebut.

Setelah berhasil memasuki WA dengan nomor yang telah diretas sebelumnya, akun kembali ke tangan Anda karena OTP sudah dimasukkan. OTP merupakan pengaman agar peretas tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan passwordnya.

Peretas akhirnya secara otomatis keluar dan WA kembali seperti semula. Sebagai tindak pencegahan berlipat, ada baiknya mengaktifkan verifikasi dua langkah agar mengecilkan kemungkinan akun diretas kedua kalinya.

Cara Mengaktifkan Keamanan Tambahan Akun Whatsapp

Sebagai layanan pesan yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian manusia, adanya keamanan tambahan guna melindungi akun sangat diperlukan. Pasalnya WA dipakai semua kalangan mulai dari pelajar, karyawan sampai pebisnis.

Salah satu modus kejahatan hack adalah SIM Card Swapping. SIM Card Swapping adalah tipe modus kejahatan dengan cara mengambil alih. Mereka akan mengambil alih SIM Card untuk membobol akun seseorang.

Demi mencegah hal peretasan terjadi, ada baiknya menggunakan verifikasi dua langkah yang telah disediakan pengelola layanan pesan. Karena jika sudah diretas, mengembalikan akun whatsapp harus melapor atau install ulang.

Two Step Verification sendiri merupakan PIN tambahan agar WA tidak jatuh ke tangan hacker. Enam digit PIN dibutuhkan sebagai angka rahasianya, memberikan pengamanan ganda daripada harus khawatir karena dihack.

Memang ada cara mengembalikan akun whatsapp. Tapi jika bisa dicegah, kenapa tidak? Bila sudah dilakukan banyak pengamanan dan tetap dihack, maka cara pengembalian di atas dapat diterapkan.

Apabila suatu saat Anda mengganti HP, two step verification ini merupakan kunci aksesnya. Untuk mencengah lupa, secara berkala WA akan meminta user memasukkan enam digit PIN tersebut.

Langkahnya penerapannya cukup mudah, tinggal menuju profil > pengaturan > akun > Autentikasi dua langkah > Masukkan PIN. Setelah itu, two step verification sudah aktif dan whatsapp terlindungi lebih baik.

Cara Mengembalikan Akun Whatsapp Terhapus

Aplikasi pengirim pesan yang satu ini begitu banyak penggemarnya. Tidak heran jika keamanan berlapis sangat diperlukan. Bukan hanya simpel, nammun juga cepat tanpa mengeluarkan banyak biaya untuk pulsa.

Lalu bagaimana jika ingin mengembalikan akun whatsapp yang terhapus tanpa verifikasi? Jawabannya tentu saja bisa. Pengelola layanan pesan ini telah menyediakan fitu back up sebagai keamanan lainnya.

Sistem ini ada untuk memulihkan data jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi tanpa sengaja atau sebaliknya. Salah satunya pengembalian dari dari google drive. Untuk itu, lakukan back up data berkala.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mendownload aplikasi pesan tersebut dari tempat resmi. Lalu tinggal masukkan nomer HP tidak lupa melakukan verifikasi yang nantinya kode OTP akan dikirim.

Jika sudah berhasil memasukkan kode OTP, selanjutkan akan diminta pemulihan data. Di sini, pilih ‘Pulihkan’. Hanya perlu menunggu beberapa saat sampai proses benar-benar selesai dicadangkan dari google drive.

Paling akhir, klik ‘Lanjut’ dan menu utama akan ditampilkan. Berikunya ada restore data secara manual jika user lupa melakukan back up di google drive. Pencadangan ini diambil dari file lokal.

Buka File Manager>SDcard>Whatsapp>Databases. Kalau tidak ada data di SD Card, mungkin terdapat di penyimpanan internal atau penyimpanan utama. Dengan begitu, Anda bisa mengembalikan akun whatsapp yang terhapus.

  

Posting Komentar untuk " Cara Mengembalikan Akun Whatsapp yang Dihack"